Proses Rehab Besar Dermaga A di Pelabuhan Dumai, Riau

Proses Rehab Besar Dermaga A di Pelabuhan Dumai, Riau
Bollard Dermaga Kapasitas 50 Ton


Rehabilitasi Dermaga A di Pelabuhan Dumai Fokus untuk
Peningkatan Kapasitas dan Keamanan Infrastruktur Maritim Indonesia

Pelabuhan Dumai yang terletak di pesisir timur Provinsi Riau
merupakan salah satu pelabuhan utama di Indonesia yang memegang peranan penting
dalam kegiatan ekspor-impor nasional, terutama komoditas unggulan seperti
minyak kelapa sawit, hasil tambang, dan produk industri lainnya. Sebagai
gerbang ekonomi di wilayah barat Indonesia, Pelabuhan Dumai terus mengalami
peningkatan arus barang dan kapal setiap tahunnya. Untuk menjawab kebutuhan
tersebut, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan RI menggagas
proyek rehabilitasi Dermaga A sebagai bagian dari upaya modernisasi
pelabuhan.

Tentang Pelabuhan Dumai

Pelabuhan Dumai dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia
(Pelindo) dan berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut,
Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Pelabuhan ini memiliki posisi
strategis di Selat Malaka yang merupakan salah satu jalur pelayaran tersibuk di
dunia. Keberadaan pelabuhan ini sangat vital sebagai pintu ekspor utama hasil
kelapa sawit, pupuk, batu bara, dan minyak bumi dari Pulau Sumatera ke berbagai
negara tujuan.

Bollard Dermaga Kapasitas 50 Ton

Nilai dan Tujuan Proyek Rehabilitasi

Konstruksi bangunan pelabuhan bukan perikanan di Dermaga A
merupakan salah satu proyek strategis yang dilakukan pada tahun 2025. Harga
Perkiraan Sendiri (HPS)
atau Owner’s Estimate (OE) untuk pekerjaan ini
tercatat sebesar Rp44.922.719.756,00 Pelindo
Eprocurement
(empat puluh empat miliar sembilan ratus dua puluh dua
juta tujuh ratus sembilan belas ribu tujuh ratus lima puluh enam rupiah), belum
termasuk PPN
.

Adapun tujuan utama rehabilitasi ini adalah sebagai berikut:

1.     Peningkatan
Kapasitas Sandar Kapal

Dermaga A akan diperkuat dan diperluas untuk dapat menampung kapal dengan bobot
mati (DWT) yang lebih besar, seiring dengan peningkatan intensitas ekspor dan
impor di Pelabuhan Dumai.

2.     Perbaikan
Struktur Lama

Struktur dermaga yang telah lama digunakan mengalami kerusakan akibat korosi
air laut, abrasi, dan keausan alami. Rehabilitasi dilakukan untuk memastikan
dermaga tetap andal dan aman digunakan.

3.     Pemenuhan
Standar Keselamatan

Perbaikan dilakukan untuk menyesuaikan dengan regulasi keselamatan pelayaran
internasional (IMO) dan nasional (Kemenhub), khususnya untuk mendukung kegiatan
bongkar muat yang aman dan efisien.

4.     Mendukung
Pertumbuhan Ekonomi Nasional dan Daerah

Dermaga yang berfungsi optimal mampu meningkatkan efisiensi logistik dan
mendukung pertumbuhan sektor industri dan perdagangan, baik lokal maupun
nasional.


Ruang Lingkup Pekerjaan

Ruang lingkup pekerjaan rehabilitasi Dermaga A mencakup
berbagai tahapan penting, antara lain:

1. Pembongkaran Struktur Lama

·      
Pelepasan plat beton bertulang di lantai dermaga

·      
Pengangkatan fender dan bollard rusak

·      
Pembersihan struktur bawah air dari karat dan
sisa material lama

2. Perbaikan dan Penguatan Struktur

·      
Penggantian atau penambahan pile baja/beton
sesuai desain

·      
Penguatan struktur utama seperti headstock dan
crossbeam untuk menopang beban lebih besar

3. Pekerjaan Struktur Atas Dermaga

·      
Pengecoran ulang pelat beton bertulang

·      
Pemasangan rel crane bila diperlukan

·      
Instalasi bollard kapasitas tinggi seperti
bollard 50 ton

4. Instalasi Peralatan Dermaga

Spesifikasi Rubber Fender V 500H 3000L





Proses Rehab Besar Dermaga A di Pelabuhan Dumai, Riau


Material dan Teknologi yang Digunakan

Untuk mendukung kekuatan dan ketahanan struktur dermaga,
digunakan material dan komponen maritim berkualitas tinggi:

  • Rubber Fender
    Sistem fender menggunakan tipe V 500H 3000L yang cocok untuk kapal
    ukuran sedang hingga besar. Rubber fender ini efektif menyerap energi
    tumbukan dan melindungi struktur dermaga. Salah satu komponen penting
    dalam proyek ini adalah Rubber Fender V 500 H 3000L, sistem
    pelindung dermaga yang dirancang untuk menyerap energi benturan kapal saat
    proses sandar. Rubber Fender tipe V merupakan salah satu jenis fender
    karet yang paling umum digunakan di dermaga komersial. Angka 500H
    menunjukkan tinggi fender sebesar 500 mm, sementara 3000L merujuk
    pada panjangnya yang mencapai 3 meter. Desain ini memberikan luas
    permukaan kontak yang optimal
    , menjamin kapal dapat bersandar dengan
    aman tanpa merusak struktur dermaga.
  • Bollard Dermaga Menggunakan bollard tipe T atau Curve dengan kapasitas 50 ton, terbuat dari
    material
    ductile cast iron yang kuat terhadap korosi dan gaya tarik
    ekstrem. Selain sistem fender, dermaga juga dilengkapi dengan
    bollard dermaga kapasitas 50 ton yang berfungsi sebagai titik tambat kapal saat
    berlabuh. Komponen ini dirancang untuk menahan gaya tarik dari tali kapal yang
    bisa mencapai puluhan ton. Bollard berkapasitas 50 ton sangat cocok untuk
    dermaga yang melayani kapal niaga berukuran menengah hingga besar. Umumnya
    terbuat dari
    ductile cast iron, material ini memberikan kekuatan tarik
    tinggi serta ketahanan terhadap korosi dan tekanan mekanis.
  • Bearing Pad dan Expansion Joint Komponen ini berfungsi meredam getaran dan pergerakan struktur akibat beban
    dinamis dari aktivitas kapal dan crane.
  • Sheet Pile Digunakan untuk menahan tanah dan mencegah abrasi pantai. Bisa berupa baja atau
    beton pracetak, tergantung desain teknis.

3D Desain Bitt Bollard


3D Desain Tee Bollard


Manfaat Proyek Rehabilitasi Dermaga A

Proyek ini diharapkan akan memberikan manfaat signifikan
bagi sektor logistik dan ekonomi nasional, antara lain:

·      
Meningkatkan efisiensi bongkar muat barang

·      
Mempercepat arus barang ekspor-impor

·      
Meningkatkan keselamatan pelayaran dan
operasional pelabuhan

·      
Mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah Dumai dan
sekitarnya

Bollard Dermaga Kapasitas 50 Ton

Dampak Ekonomi dan Logistik

Rehabilitasi ini tidak hanya menyentuh sisi teknis, tapi
juga akan berdampak luas pada berbagai sektor:

  • Perdagangan Ekspor-Impor: Mempercepat
    proses bongkar muat dan menurunkan biaya logistik nasional.
  • Industri Transportasi Laut: Meningkatkan
    keselamatan dan efisiensi pelayaran kapal niaga.
  • Tenaga Kerja Lokal: Menyerap ribuan
    tenaga kerja langsung dan tidak langsung selama proyek berlangsung
  • Distribusi Domestik: Mempermudah
    pergerakan barang dari dan ke Sumatera, khususnya untuk wilayah Riau, Sumbar,
    dan Jambi.

Peluang Investasi dan Kolaborasi ke Depan

Rehabilitasi Dermaga A juga membuka peluang kolaborasi
sektor swasta, baik dalam bentuk penyediaan material konstruksi, jasa
pelabuhan, maupun pengembangan fasilitas logistik lanjutan seperti gudang
pendingin (cold storage), terminal curah cair, dan kawasan industri maritim.

Jika dermaga berhasil direvitalisasi sesuai target waktu dan
kualitas, ini dapat menjadi model percontohan untuk rehabilitasi
pelabuhan-pelabuhan lain di Indonesia, terutama yang berada di bawah skema
pelabuhan pengumpul dan pengumpul sekunder dalam Rencana Induk Pelabuhan
Nasional (RIPN).


Proses Rehab Besar Dermaga A di Pelabuhan Dumai, Riau


PRODUSEN RUBBER FENDER dan BOLLARD DERMAGA BERKUALITAS DI INDONESIA

Mahameru Putra Mandiri Perkasa memahami bahwa Anda menginginkan produk yang tidak hanya efektif, tetapi juga tahan lama dan ekonomis. Rubber fender kami dibuat dari material karet berkualitas tinggi yang telah teruji ketahanannya terhadap cuaca ekstrem, air laut, dan tekanan berulang. Desain yang khas memberikan performa optimal dalam mendistribusikan gaya tumbukan, memastikan keamanan operasional di pelabuhan Anda.

Hubungi kami sekarang untuk konsultasi gratis dan penawaran terbaik! Tim ahli kami siap membantu Anda memilih solusi rubber fender yang paling tepat untuk kebutuhan Anda. Lindungi investasi Anda hari ini, demi operasional pelabuhan yang lebih aman dan efisien di masa depan!

Selain itu, Mahameru Putra Mandiri Perkasa juga memproduksi berbagai macam Rubber Fender, mulai dari Rubber Fender DRubber Fender ConeRubber Fender CellRubber Fender CylinderRubber Fender MRubber Fender SquareFender Tug Boat

mpmperkasa,rubber fender v,Karet Fender Tipe V,

Kami Mahameru Putra Mandiri Perkasa (MPM Perkasa) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri karet konstruksi serta aksesoris pelabuhan. Kami memproduksi segala jenis produk karet yang beragam dengan kualitas material serta harga yang kompetitif. 

Account Rekening atas nama Perusahaan (bukan atas nama pribadi). Sehingga menjamin keamanan setiap transaksi dengan konsumen. Informasi dan permintaan penawaran  terbaik hubungi kami :

website : www.mpmperkasa.com – www.mpmperkasa.co.id

Call & WA : 082245923265

-Fajar Achmadi-


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *